Tuesday, May 09, 2006

POFFERTJES


Beberapa kali liat orang pada bikin kue londo ini, kok, kayaknya rumit banget ya. Apalagi sekarang kue londo ini sering tampil di pesta-pesta. Biasanya ada gubug sendiri yang khusus menyediakan kue ini. "Temen"-nya bisa dengan gula & kayumanis, selai, bahkan dengan coklat atau keju. Tapi setelah tahu resep dan cara buatnya, eh, jadi malah ketagihan buat.

POFFERTJES

Bahan :
350 gr Terigu Cakra
150 gr Tepung Maizena
100 gr Gula pasir
500 ml Susu hangat
5 butir telur
1 bks ragi instant(Fermipan/Haan/Mauripan)
3 sendok makan Margarine di cairkan
1/4 sdt vanili powder
garam sedikit.

Cara Membuat:
1. Campur terigu, maizena, gula dan ragi instan, aduk rata
2. Campurkan telur dan sebagian susu aduk/mixer sampai rata dan licin.
3. tuangkan margarine cair, sambil terus di mixer, dan sisa susu.
4. Diamkan agar mengembang.
5. Cetak dengan Cetakan Poffertjes, (jangan di tutup) apa bila bagian bawah/pinggir telah matang, baliklah dengan cara ditarik menggunakan tusuk sate. Jika telah matang, akan merupakan kue yang bulat.8. Di makan dengan ditaburi tepung gula/gula bubuk dan kayu manis bubuk.

Note:
1. jika di isi dengan SCC/DCC, potong seukuran dadu 1/2X1/2 cm, setelah adonan di tuang, cemplungkan SCC/DCC tenggelamkan dalam adonan dengan menggunakan tusuk sate.
2. Loyang jangan terus2an di oles margarine, karena ntar jadinya bopeng2. sekali aja ngolesnya waktu pertama kali makai, setelah itu, loyang jangan di cuci, tapi cukup di lap bersih dengan tissue untuk menghilangkan minyak2 yang nempel, dan bungkus dengan plastik.3. satu resep ini, bisa jadi 80 butir lebih, jadi, kalau keluarga kecil, 1/2 resep dululah, kan bisa sepiring munjung.

No comments: