Friday, June 15, 2007

MENGOCOK KRIM


Tips dan Triks nih ... ambil dari Ingredients-nya NCC juga ...

Untuk membuat krim kocok sendiri tidak sulit. Yang penting dinginkan dulu semua bahan dan peralatan yang akan dipakai dalam lemari es/freezer, karena krim mudah mencair pada suhu tropis.

Krim sangat mudah dipadu padankan. Buah-buahan segar, hidangan penutup maupun minuman berhias krim akan membuat hidangan lebih istimewa. Misalnya, Dessert buah yang istimewa. Cuci bersih strawberry. Potong memanjang menjadi 4. Kupas kiwi, belah menjadi 4 setebal 1/2 cm. Masukkan dalam gelas berkaki, semprotkan chantilly cream diatasnya. Hias bibir gelas dengan potongan kiwi dan strawberry. Coba juga dengan buah-buahan lain seperti mangga, pir atau peach.

TIPS
- Jangan terlalu lama mengocok krim agar tidak pecah dan berubah menjadi mentega, akibat suhu panas pengocok. Jika hal ini terjadi, gunakan untuk campuran masakan.
- Sebelum digunakan, simpan krim kocok dalam wadah tertutup di lemari es. Krim akan tetap bagus selama 6 jam.
- Untuk yang harus berdiet kolesterol, tersedia krim kocok dari lemak tumbuh-tumbuhan (non kolesterol)

Menurut Mbak Riana :
Pada saat pengocokan, jika warnanya menjadi pucat, biasanya karena sudah overmixed. Sudah terlalu kaku, mirip mentega. Jadi jika ingin mendapatkan krim kocok yang kinclong dan terlihat lembut, berhenti mengocok ketika krimnya masih kental, yang bila diangkat kocokannya, krimnya membentuk "jambul petruk"

No comments: