Friday, June 15, 2007

SERBA-SERBI KRIM


Diambil dari Ingredients - NCC

Perbedaan aneka jenis krim hanya terletak pada kandungan lemaknya. Makin tinggi kandungan lemaknya, makin gurih rasanya.

KRIM ENCER (Cream)
Disebut juga krim segar. Kandungan lemaknya 18-25%. Tidak bisa dikocok hingga kental, lebih cocok untuk campuran kopi, pudding, sup.

KRIM KENTAL (Thick Cream)
Krim berbentuk cair dengan kandungan lemak 36-48%. Krim ini paling bagus, karena cepat kental jika dikocok. Banyak digunakan untuk menghias kue, campuran masakan atau hidangan penutup.

KRIM KOCOK (Whipped Cream)
Krim berbentuk cair, kandungan lemaknya 30-35%. Meskipun kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, masih bisa dikocok sampai mengeras.

KRIM KOCOK SIAP PAKAI
Krim dalam bentuk sudah terkocok. Rasanya agak manis, dijual dalam kemasan tabung. Banyak dipakai untuk menghias es krim, kopi, mlk shake.

KRIM ASAM (Sour Cream)
Krim encer yang difermentasikan. Rasanya asam gurih. Dicampurkan kedalam masakan seperti sup atau saus. Bisa dibuat sendiri : kocok 250 ml krim encer dengan 1 sdt air jeruk nipis atau cuka. Campurkan 250 ml krim encer lagi. Diamkan 24 jam ditempat sejuk, lalu simpan 24 jam dalam lemari es.

KRIM BUBUK
Seperti susu bubuk. Untuk menggunakannya, selalu tambahkan susu dingin atau air es, lalu kocok dengan mixer hingga berupa krim kental. Selama masih berbentuk bubuk, krim ini tidak perlu disimpan dalam lemari es.

CHANTILLY CREAM
Krim ini paling sering digunakan untuk melapis kue atau disemprotkan sebagai hiasan diatas cake atau pudding. Chantilly cream tak lain adalah krim kocok (whipped cream) yang diberi gula dan aroma/essence. Bahannya 125 ml krim kocok + 1 sdm rum/orange liqueur (grand marnier)

ISTILAH-ISTILAH KRIM
Setiap negara punya istilah untuk membedakan krim encer dan krim kental. Orang Inggris menyebut krim encer Single Cream, sedangkan krim kental disebut Double Cream. Sedangkan orang Amerika menyebut krim encer Light Cream dan Thick Cream untuk krim kental. Agar lebih pasti, perhatikan kandungan lemak yang tercantum di kemasannya.

No comments: